SK Rektor Penetapan Kurikulum Program Studi Sistem Komputer Universitas Trinita
C.6.4. Indikator Kinerja Utama
C.6.4.a) Kurikulum
A. Keterlibatan pemangku kepentingan dalam proses evaluasi dan pemutakhiran kurikulum.
1. SK Rektor Penetapan Capaian Pembelajaran Lulusan Program Studi Sistem Komputer Universitas Trinita No.23
2. SK Rektor Penetapan Kurikulum Program Studi Sistem Komputer Universitas Trinita dan KURIKULUM
3. SK Dekan Panduan Penyusunan Penulisan Karya Tulis Ilmiah (Skripsi/Tugas Akhir) Fakultas Iptek & Keguruan Universitas Trinita No.28_2019
4. SK Rektor Penetapan Penilaian Hasil Belajar Mahasiswa Di Lingkungan Universitas Trinita No.014_2019
5. SK Rektor Penetapan Pedoman Penyelenggaraan Pendidikan Di Universitas Trinita No.13_2019
6. SK Rektor Penetapan Kerangka Dasar Kurikulum Di Lingkungan Universitas Trinita No.012_2019
7. SK Rektor Penetapan Pedoman Pelaksanaan Asistensi Dalam Sistem Pembelajaran Di Lingkungan Universitas Trinita No.011_2019
B. Kesesuaian capaian pembelajaran dengan profil lulusan dan jenjang KKNI/SKKNI yang sesuai.
Berkas :
Profil Lulusan Program Studi
C. Ketepatan struktur kurikulum dalam pembentukan capaian pembelajaran. Catatan: digambarkan dalam peta kompetensi.
Berkas :
1. Struktur Kurikulum didalam Kurikulum Operasional (KO) yang telah disahkan.
2. MK Pilihan dan jumlah minimum sks mata kuliah pilihan yang harus diambil
C.6.4.b) Karakteristik Proses Pembelajaran
Karakteristik proses pembelajaran terdiri atas sifat interaktif, holistik, integratif, saintifik, kontekstual, tematik, efektif, kolaboratif, dan berpusat pada mahasiswa.
Berkas :
Kurikulum Operasional Program Studi
C.6.4.c) Rencana Proses Pembelajaran
A. Ketersediaan dan kelengkapan dokumen rencana pembelajaran semester (RPS)
RPS (Rencana Pembelajaran Semester)
B. Kedalaman dan keluasan RPS sesuai dengan capaian pembelajaran lulusan.
Berkas :
1. lihat masukan dosen dalam rapat koordinasi
2. Dokumentasi rapat peninjauan RPS di awal atau akhir semester (undangan, daftar hadir, risalah rapat, dan materi)
C.6.4.d) Pelaksanaan Proses Pembelajaran
A. Bentuk interaksi antara dosen, mahasiswa dan sumber belajar
Kurikulum Operasional Program Studi
B. Monev pelaksanaan proses pembelajaran dan kesesuaian dengan RPS
1. Rapat pembahasan monev pelaksanaan proses pembelajaran (undangan, daftar hadir, risalah rapat, materi) // ICT
2. LPP (Laporan Pelaksanaan Perkuliahan)
C. Proses pembelajaran yang terkait dengan penelitian harus mengacu SN Dikti Penelitian:
1) hasil penelitian: harus memenuhi pengembangan IPTEKS, meningkatkan kesejahteraan masyarakat, dan daya saing bangsa.
2) isi penelitian: memenuhi kedalaman dan keluasan materi penelitian sesuai capaian pembelajaran.
3) proses penelitian: mencakup perencanaan, pelaksanaan, dan pelaporan.
4) penilaian penelitian memenuhi unsur edukatif, obyektif, akuntabel, dan transparan.
Form Monitoring, Proposal Penelitian, Laporan Penelitian // ICT
D. Kesesuaian metode pembelajaran dengan Learning Outcome. Contoh: Research Based Education (RBE) dan/atau pembelajaran yang dilaksanakan dalam bentuk eksperimen/praktikum, praktik studio, observasi/studi lapangan.
C.6.4.e) Monitoring dan Evaluasi Proses Pembelajaran Monitoring dan evaluasi pelaksanaan proses pembelajaran mencakup karakteristik, perencanaan, pelaksanaan, proses pembelajaran dan beban belajar mahasiswa untuk memperoleh capaian pembelajaran lulusan.
1. Rapat pembahasan monev pelaksanaan proses pembelajaran (undangan, daftar hadir, risalah rapat, materi)
2. LPP (Laporan Pelaksanaan Perkuliahan)
3. Rekap dan dokumen kuliah pengganti // ICT
C.6.4.f) Penilaian Pembelajaran
A. Mutu pelaksanaan penilaian pembelajaran (proses dan hasil belajar mahasiswa) untuk mengukur ketercapaian capaian pembelajaran berdasarkan prinsip penilaian yang mencakup:|
1) edukatif,
2) otentik,
3) objektif,
4) akuntabel, dan
5) transparan, yang dilakukan secara terintegrasi.
B. Pelaksanaan penilaian terdiri atas teknik dan instrumen penilaian.
Teknik penilaian terdiri dari: 1) observasi, 2) partisipasi, 3) unjuk kerja, 4) test tertulis, 5) test lisan, dan 6) angket.
Instrumen penilaian terdiri dari: 1) penilaian proses dalam bentuk rubrik, dan/ atau; 2) penilaian hasil dalam bentuk portofolio, atau 3) karya disain.
Berkas :
1. Bank Soal berupa: Observasi, partisipasi, unjuk kerja, test tertulis, test lisan, dan angket)
2. Verifikasi Bank Soal // Elearning
3. Instrumen penilaian (rubrik, portofolio/karya disain)
C. Pelaksanaan penilaian memuat unsur-unsur sebagai berikut:
1) mempunyai kontrak rencana penilaian,
2) melaksanakan penilaian sesuai kontrak atau kesepakatan,
3) memberikan umpan balik dan memberi kesempatan untuk mempertanyakan hasil kepada mahasiswa,
4) mempunyai dokumentasi penilaian proses dan hasil belajar mahasiswa,
5) mempunyai prosedur yang mencakup tahap perencanaan, kegiatan pemberian tugas atau soal, observasi kinerja, pengembalian hasil observasi, dan pemberian nilai akhir,
6) pelaporan penilaian berupa kualifikasi keberhasilan mahasiswa dalam menempuh suatu mata kuliah dalam bentuk huruf dan angka,
7) mempunyai bukti-bukti rencana dan telah melakukan proses perbaikan berdasar hasil monev penilaian.
RPS
Kesesuaian Matakuliah dan Judul TA/Tesis/Disertasi dengan Bidang Keahlian Dosen Pengampu/ Pembimbing. // SK Dekan Pembimbingan
C.6.4.g) Integrasi kegiatan penelitian dan PkM dalam pembelajaran
Jumlah Penelitian dan/atau PkM DTPS yang hasilnya telah diintegrasikan kedalam mata kuliah dalam 3 tahun terakhir.
C.6.4.h) Suasana Akademik
Keterlaksanaan dan keberkalaan program dan kegiatan diluar kegiatan pembelajaran terstruktur untuk meningkatkan suasana akademik. Contoh: kuliah umum/studium generale, seminar ilmiah, bedah buku.
Rekap daftar kegiatan yang dilakukan prodi. (Dokumentasi kuliah umum)
C.6.4.i) Kepuasan Mahasiswa
A. Tingkat kepuasan mahasiswa terhadap proses pendidikan.
Hasil pengukuran tingkat kepuasan mahasiswa // Link ICT
B. Analisis dan tindak lanjut dari hasil pengukuran kepuasan mahasiswa.
1. Rapat pembahasan analisa dan tindak lanjut (Undangan Rapat)
2. Bukti tindak lanjut
Tabel 5.a. Kurikulum, Capaian Pembelajaran, dan Rencana Pembelajaran
Download SOP Laboratorium Komputer
Semester 1
No. | Kode MK | Nama MK | SKS | Teori | Praktik | Lapangan |
---|---|---|---|---|---|---|
1 | SK11KK01 | BAHASA INGGRIS I | 2 | 2 | 0 | 0 |
2 | SK11KB06 | DASAR KOMPUTER DAN JARINGAN | 2 | 2 | 0 | 0 |
3 | SK11KK03 | FISIKA | 3 | 3 | 0 | 0 |
4 | SK11KK04 | PRAKTIKUM FISIKA | 1 | 1 | 0 | 0 |
5 | SK11KK05 | PENGANTAR TEKNOLOGI INFORMASI | 2 | 2 | 0 | 0 |
6 | SK11KK07 | ALGORITMA PEMROGRAMAN I | 3 | 3 | 0 | 0 |
7 | SK11KK08 | KALKULUS DAN PERSAMAAN DIFFERENSIAL | 4 | 4 | 0 | 0 |
8 | SK11PK02 | PENDIDIKAN AGAMA | 2 | 2 | 0 | 0 |
9 | SK11PK10 | BAHASA INDONESIA | 2 | 2 | 0 | 0 |
10 | SK11PK09 | PENDIDIKAN PANCASILA DAN KEWARGANEGARAAN | 2 | 2 | 0 | 0 |
TOTAL SKS | 23 SKS |
Semester 2
No. | Kode MK | Nama MK | SKS | TEORI | PRAKTIK | LAPANGAN |
---|---|---|---|---|---|---|
1 | SK21PK01 | PENDIDIKAN ANTI KORUPSI & BELA NEGARA | 3 | 3 | 0 | 0 |
2 | SK21KB06 | ARSITEKTUR DAN ORGANISASI KOMPUTER | 4 | 4 | 0 | 0 |
3 | SK21KB09 | INTERNET DAN INTRANET | 2 | 2 | 0 | 0 |
4 | SK21KB10 | KOMUNIKASI DATA I | 2 | 2 | 0 | 0 |
5 | SK21KK02 | BAHASA INGGRIS II | 2 | 2 | 0 | 0 |
6 | SK21KK03 | STATISTIKA | 2 | 2 | 0 | 0 |
7 | SK21KK04 | ALGORITMA PEMROGRAMAN II | 2 | 2 | 0 | 0 |
8 | SK21KK05 | PRAKTIKUM ALGORITMA DAN PEMROGRAMAN | 1 | 1 | 0 | 0 |
9 | SK21KK07 | ELEKTRONIKA ANALOG DAN DIGITAL (RPS, Materi) | 2 | 2 | 0 | 0 |
10 | SK21KK08 | ALJABAR LINIER | 2 | 2 | 0 | 0 |
TOTAL | 22 SKS |
Semester 3
No. | Kode MK | Nama MK | SKS | Teori | Praktik | Lapangan |
---|---|---|---|---|---|---|
1 | SK31KB05 | KOMUNIKASI DATA II | 2 | 2 | 0 | 0 |
2 | SK31KB06 | SISTEM OPERASI | 3 | 3 | 0 | 0 |
3 | SK31KB07 | INTERFACING & PERIPHERAL (RPS, Materi) | 3 | 3 | 0 | 0 |
4 | SK31KB08 | JARINGAN KOMPUTER I | 2 | 2 | 0 | 0 |
5 | SK31KK01 | MATEMATIKA DISKRIT | 2 | 2 | 0 | 0 |
6 | SK31KK02 | SISTEM KENDALI | 2 | 2 | 0 | 0 |
7 | SK31KK03 | SISTEM DIGITAL I (RPS, Materi) | 2 | 2 | 0 | 0 |
8 | SK31KK04 | PRAKTIKUM SISTEM DIGITAL (RPS, Materi) | 1 | 1 | 0 | 0 |
9 | SK31KK09 | TRANSDUSER & SENSOR (RPS, Materi) | 2 | 2 | 0 | 0 |
TOTAL | 19 SKS |
Semester 4
No. | Kode MK | Nama MK | SKS | Teori | Praktik | Lapangan |
---|---|---|---|---|---|---|
1 | SK41KB04 | JARINGAN KOMPUTER II | 3 | 3 | 0 | 0 |
2 | SK41KB05 | PRAKTIKUM JARINGAN KOMPUTER | 1 | 1 | 0 | 0 |
3 | SK41KB11 | SISTEM MIKROPROSESOR | 2 | 2 | 0 | 0 |
4 | SK41KB12 | PRAKTIKUM MIKROPROSESOR | 1 | 1 | 0 | 0 |
5 | SK41KK01 | STRUKTUR DATA | 3 | 3 | 0 | 0 |
6 | SK41KK02 | PEMROGRAMAN PERANGKAT BERGERAK | 2 | 2 | 0 | 0 |
7 | SK41KK03 | PRAKTIKUM PEMROGRAMAN PERANGKAT BERGERAK | 1 | 1 | 0 | 0 |
8 | SK41KK06 | SISTEM DIGITAL II (RPS, Materi) | 2 | 2 | 0 | 0 |
9 | SK41KK07 | SISTEM TELEKOMUNIKASI SELULER | 2 | 2 | 0 | 0 |
10 | SK41KK08 | PEMROGRAMAN CLIENT-SERVER | 2 | 2 | 0 | 0 |
11 | SK41KK09 | PRAKTIKUM PEMROGRAMAN CLIENT-SERVER | 1 | 1 | 0 | 0 |
12 | SK41PB10 | METODE PENELITIAN/PENULISAN ILMIAH | 2 | 2 | 0 | 0 |
TOTAL | 22 SKS |
Semester 5
No. | Kode MK | Nama MK | SKS | Teori | Praktik | Lapangan |
---|---|---|---|---|---|---|
1 | SK51KB02 | PEMROGRAMAN WEB | 2 | 2 | 0 | 0 |
2 | SK51KB03 | PRAKTIKUM PEMROGRAMAN WEB | 1 | 1 | 0 | 0 |
3 | SK51KB07 | MULTIMEDIA DAN DESAIN GRAFIS | 2 | 2 | 0 | 0 |
4 | SK51KB08 | PRAKTIKUM MULTIMEDIA DAN DESAIN GRAFIS | 1 | 1 | 0 | 0 |
5 | SK51KK01 | KEAMANAN JARINGAN KOMPUTER | 2 | 2 | 0 | 0 |
6 | SK51KK04 | ANALISA DAN PEMODELAN SISTEM INFORMASI | 2 | 2 | 0 | 0 |
7 | SK51KK05 | PEMROGRAMAN BERORIENTASI OBJEK | 3 | 3 | 0 | 0 |
8 | SK51KK06 | PRAKTIKUM PEMROGRAMAN BERORIENTASI OBJEK | 1 | 1 | 0 | 0 |
9 | SK51KK09 | SISTEM BASIS DATA | 2 | 2 | 0 | 0 |
10 | SK51KK10 | PRAKTIKUM SISTEM BASIS DATA | 1 | 1 | 0 | 0 |
11 | SK51PB11 | ETIKA PROFESI | 2 | 2 | 0 | 0 |
TOTAL | 19 SKS |
Semester 6
No. | Kode MK | Nama MK | SKS | Teori | Praktik | Lapangan |
---|---|---|---|---|---|---|
1 | SK61BB06 | KECAKAPAN ANTAR PERSONAL | 2 | 2 | 0 | 0 |
2 | SK61KB03 | ROBOTIKA | 3 | 3 | 0 | 0 |
3 | SK61KB04 | PRAKTIKUM ROBOTIKA | 1 | 1 | 0 | 0 |
4 | SK61KK01 | REKAYASA PERANGKAT LUNAK | 2 | 2 | 0 | 0 |
5 | SK62BB08 | LEADERSHIP DEVELOPMENT | 3 | 3 | 0 | 0 |
6 | SK62KK02 | MANAJEMEN PROYEK | 2 | 2 | 0 | 0 |
7 | SK62KK05 | SISTEM EMBEDDED TERDISTRIBUSI | 2 | 2 | 0 | 0 |
8 | SK62KK07 | KECERDASAN BUATAN | 2 | 2 | 0 | 0 |
TOTAL | 17 SKS |
Semester 7
No. | Kode MK | Nama MK | SKS | Teori | Praktik | Lapangan |
---|---|---|---|---|---|---|
1 | SK71BB03 | INTERAKSI MANUSIA DAN KOMPUTER | 2 | 2 | 0 | 0 |
2 | SK71KK02 | SISTEM PAKAR | 2 | 2 | 0 | 0 |
3 | SK71KK07 | PEMROSESAN PARALEL | 3 | 3 | 0 | 0 |
4 | SK71PB01 | MANAJEMEN DAN KEWIRAUSAHAAN | 2 | 2 | 0 | 0 |
5 | SK72KK04 | PEMROGRAMAN JAVA | 2 | 2 | 0 | 0 |
6 | SK72KK05 | PRAKTIKUM PEMROGRAMAN JAVA | 1 | 1 | 0 | 0 |
7 | SK72KK06 | TELEKOMUNIKASI SATELIT | 2 | 2 | 0 | 0 |
TOTAL | 14 SKS |
Semester 8
No. | Kode MK | Nama MK | SKS | Teori | Praktik | Lapangan |
---|---|---|---|---|---|---|
1 | SK81BB02 | KULIAH KERJA NYATA/TERPADU | 2 | 0 | 0 | 2 |
2 | SK81KB03 | SKRIPSI (Panduan Sistematika Penulisan 2019 (Word dan PDF) | 4 | 0 | 0 | 4 |
3 | SK81PB01 | KERJA PRAKTEK (KP) | 2 | 2 | 0 | 0 |
TOTAL SKS | 8 |
Tabel 5.b. Integrasi Kegiatan Penelitian/PkM dalam Pembelajaran
Tabel 5.c Kepuasan Mahasiswa
No. | Aspek yang Diukur | Tingkat Kepuasan Mahasiswa (%) | Rencana Tindak Lanjut oleh UPPS/PS | |||
Sangat Baik | Baik | Cukup | Kurang | |||
1 | 2 | 3 | 4 | 5 | 6 | 7 |
1 | Keandalan (reliability): kemampuan dosen, tenaga kependidikan, dan pengelola dalam memberikan pelayanan. | 32.0 | 40.2 | 23.0 | 4.9 | meningkatkan kemampuan dosen, tenaga kependidikan, dan pengelola dalam memberikan pelayanan. |
2 | Daya tanggap (responsiveness): kemauan dari dosen, tenaga kependidikan, dan pengelola dalam membantu mahasiswa dan memberikan jasa dengan cepat. | 37.7 | 43.4 | 15.6 | 3.3 | meningkatkan kemauan dari dosen, tenaga kependidikan, dan pengelola dalam membantu mahasiswa dan memberikan jasa dengan cepat melalui stimulus insentif |
3 | Kepastian (assurance): kemampuan dosen, tenaga kependidikan, dan pengelola untuk memberi keyakinan kepada mahasiswa bahwa pelayanan yang diberikan telah sesuai dengan ketentuan. | 41.0 | 36.9 | 18.0 | 4.1 | sosialisasi SOP & peraturan akademik secara intensif & jelas kepada dosen, tenaga kependidikan dan pengelola |
4 | Empati (empathy): kesediaan/kepedulian dosen, tenaga kependidikan, dan pengelola untuk memberi perhatian kepada mahasiswa. | 40.2 | 38.5 | 16.4 | 4.9 | meningkatkan kesediaan/kepedulian dosen, tenaga kependidikan, dan pengelola untuk memberi perhatian kepada mahasiswa |
5 | Tangible: penilaian mahasiswa terhadap kecukupan, aksesibitas, kualitas sarana dan prasarana. | 32.0 | 39.3 | 18.9 | 9.8 | mengusulkan penambahan sarana internet & wifi baik daring maupun tatap muka |
Jumlah | 186 | 202 | 97 | 33 |