C.6. Pendidikan

Daftar Isi (Table Of Content)

SK Rektor Penetapan Kurikulum Program Studi Sistem Komputer Universitas Trinita

C.6.4. Indikator Kinerja Utama

C.6.4.a) Kurikulum          

A. Keterlibatan pemangku kepentingan dalam proses evaluasi dan pemutakhiran kurikulum.     

1. SK Rektor Penetapan Capaian Pembelajaran Lulusan Program Studi Sistem Komputer Universitas Trinita No.23
2. SK Rektor Penetapan Kurikulum Program Studi Sistem Komputer Universitas Trinita dan KURIKULUM
3. SK Dekan Panduan Penyusunan Penulisan Karya Tulis Ilmiah (Skripsi/Tugas Akhir) Fakultas Iptek & Keguruan Universitas Trinita No.28_2019
4. SK Rektor Penetapan Penilaian Hasil Belajar Mahasiswa Di Lingkungan Universitas Trinita No.014_2019
5. SK Rektor Penetapan Pedoman Penyelenggaraan Pendidikan Di Universitas Trinita No.13_2019
6. SK Rektor Penetapan Kerangka Dasar Kurikulum Di Lingkungan Universitas Trinita No.012_2019
7. SK Rektor Penetapan Pedoman Pelaksanaan Asistensi Dalam Sistem Pembelajaran Di Lingkungan Universitas Trinita No.011_2019

B. Kesesuaian capaian pembelajaran dengan profil lulusan dan jenjang KKNI/SKKNI yang sesuai.

Berkas :

Profil Lulusan Program Studi

C. Ketepatan struktur kurikulum dalam pembentukan capaian pembelajaran. Catatan: digambarkan dalam peta kompetensi.     

Berkas :

1. Struktur Kurikulum didalam Kurikulum Operasional (KO) yang telah disahkan.
2. MK Pilihan dan jumlah minimum sks mata kuliah pilihan yang harus diambil

C.6.4.b) Karakteristik Proses Pembelajaran         

Karakteristik proses pembelajaran terdiri atas sifat interaktif, holistik, integratif, saintifik, kontekstual, tematik, efektif, kolaboratif, dan berpusat pada mahasiswa.        

Berkas :

Kurikulum Operasional Program Studi

C.6.4.c) Rencana Proses Pembelajaran  

A. Ketersediaan dan kelengkapan dokumen rencana pembelajaran semester (RPS)       

RPS (Rencana Pembelajaran Semester)

B. Kedalaman dan keluasan RPS sesuai dengan capaian pembelajaran lulusan.   

Berkas :

1. lihat masukan dosen dalam rapat koordinasi
2. Dokumentasi rapat peninjauan RPS di awal atau akhir semester (undangan, daftar hadir, risalah rapat, dan materi)

C.6.4.d) Pelaksanaan Proses Pembelajaran

A. Bentuk interaksi antara dosen, mahasiswa dan sumber belajar

Kurikulum Operasional Program Studi

B. Monev pelaksanaan proses pembelajaran dan kesesuaian dengan RPS            

1. Rapat pembahasan monev pelaksanaan proses pembelajaran (undangan, daftar hadir, risalah rapat, materi) // ICT
2. LPP (Laporan Pelaksanaan Perkuliahan)

C. Proses pembelajaran yang terkait dengan penelitian harus mengacu SN Dikti Penelitian:

1) hasil penelitian: harus memenuhi pengembangan IPTEKS, meningkatkan kesejahteraan masyarakat, dan daya saing bangsa.

2) isi penelitian: memenuhi kedalaman dan keluasan materi penelitian sesuai capaian pembelajaran.

3) proses penelitian: mencakup perencanaan, pelaksanaan, dan pelaporan.

4) penilaian penelitian memenuhi unsur edukatif, obyektif, akuntabel, dan transparan.

Form Monitoring, Proposal Penelitian, Laporan Penelitian // ICT

D. Kesesuaian metode pembelajaran dengan Learning Outcome. Contoh: Research Based Education (RBE) dan/atau pembelajaran yang dilaksanakan dalam bentuk eksperimen/praktikum, praktik studio, observasi/studi lapangan.

Kurikulum Operasional Prodi

C.6.4.e) Monitoring dan Evaluasi Proses Pembelajaran   Monitoring dan evaluasi pelaksanaan proses pembelajaran mencakup karakteristik, perencanaan, pelaksanaan, proses pembelajaran dan beban belajar mahasiswa untuk memperoleh capaian pembelajaran lulusan.      

1. Rapat pembahasan monev pelaksanaan proses pembelajaran (undangan, daftar hadir, risalah rapat, materi)
2. LPP (Laporan Pelaksanaan Perkuliahan)
3. Rekap dan dokumen kuliah pengganti // ICT

C.6.4.f) Penilaian Pembelajaran

A. Mutu pelaksanaan penilaian pembelajaran (proses dan hasil belajar mahasiswa) untuk mengukur ketercapaian capaian pembelajaran berdasarkan prinsip penilaian yang mencakup:|
1) edukatif,
2) otentik,
3) objektif,
4) akuntabel, dan
5) transparan, yang dilakukan secara terintegrasi.            

B. Pelaksanaan penilaian terdiri atas teknik dan instrumen penilaian.

Teknik penilaian terdiri dari: 1) observasi, 2) partisipasi, 3) unjuk kerja, 4) test tertulis, 5) test lisan, dan 6) angket.

Instrumen penilaian terdiri dari: 1) penilaian proses dalam bentuk rubrik, dan/ atau; 2) penilaian hasil dalam bentuk portofolio, atau 3) karya disain.

Berkas :

1. Bank Soal berupa: Observasi, partisipasi, unjuk kerja, test tertulis, test lisan, dan angket)
2. Verifikasi Bank Soal // Elearning
3. Instrumen penilaian (rubrik, portofolio/karya disain)

C. Pelaksanaan penilaian memuat unsur-unsur sebagai berikut:

1) mempunyai kontrak rencana penilaian,
2) melaksanakan penilaian sesuai kontrak atau kesepakatan,
3) memberikan umpan balik dan memberi kesempatan untuk mempertanyakan hasil kepada mahasiswa,
4) mempunyai dokumentasi penilaian proses dan hasil belajar mahasiswa,
5) mempunyai prosedur yang mencakup tahap perencanaan, kegiatan pemberian tugas atau soal, observasi kinerja, pengembalian hasil observasi, dan pemberian nilai akhir,
6) pelaporan penilaian berupa kualifikasi keberhasilan mahasiswa dalam menempuh suatu mata kuliah dalam bentuk huruf dan angka,
7) mempunyai bukti-bukti rencana dan telah melakukan proses perbaikan berdasar hasil monev penilaian.         
RPS

Kesesuaian Matakuliah dan Judul TA/Tesis/Disertasi dengan Bidang Keahlian Dosen Pengampu/ Pembimbing.  // SK Dekan Pembimbingan

C.6.4.g) Integrasi kegiatan penelitian dan PkM dalam pembelajaran        

Jumlah Penelitian dan/atau PkM DTPS yang hasilnya telah diintegrasikan kedalam mata kuliah dalam 3 tahun terakhir.              

C.6.4.h) Suasana Akademik        

Keterlaksanaan dan keberkalaan program dan kegiatan diluar kegiatan pembelajaran terstruktur untuk meningkatkan suasana akademik. Contoh: kuliah umum/studium generale, seminar ilmiah, bedah buku.             

Rekap daftar kegiatan yang dilakukan prodi. (Dokumentasi kuliah umum)

C.6.4.i) Kepuasan Mahasiswa    

A. Tingkat kepuasan mahasiswa terhadap proses pendidikan.    

Hasil pengukuran tingkat kepuasan mahasiswa // Link ICT

B. Analisis dan tindak lanjut dari hasil pengukuran kepuasan mahasiswa.              

1. Rapat pembahasan analisa dan tindak lanjut (Undangan Rapat)
2. Bukti tindak lanjut

Tabel 5.a. Kurikulum, Capaian Pembelajaran, dan Rencana Pembelajaran

Download SOP Laboratorium Komputer

Semester 1

No.Kode MKNama MKSKSTeoriPraktikLapangan
1SK11KK01BAHASA INGGRIS I2200
2SK11KB06DASAR KOMPUTER DAN JARINGAN2200
3SK11KK03FISIKA3300
4SK11KK04PRAKTIKUM FISIKA1100
5SK11KK05PENGANTAR TEKNOLOGI INFORMASI2200
6SK11KK07ALGORITMA PEMROGRAMAN I3300
7SK11KK08KALKULUS DAN PERSAMAAN DIFFERENSIAL4400
8SK11PK02PENDIDIKAN AGAMA2200
9SK11PK10BAHASA INDONESIA2200
10SK11PK09PENDIDIKAN PANCASILA DAN KEWARGANEGARAAN2200
TOTAL SKS23 SKS

Semester 2

No.Kode MKNama MKSKSTEORIPRAKTIKLAPANGAN
1SK21PK01PENDIDIKAN ANTI KORUPSI & BELA NEGARA3300
2SK21KB06ARSITEKTUR DAN ORGANISASI KOMPUTER4400
3SK21KB09INTERNET DAN INTRANET2200
4SK21KB10KOMUNIKASI DATA I2200
5SK21KK02BAHASA INGGRIS II2200
6SK21KK03STATISTIKA2200
7SK21KK04ALGORITMA PEMROGRAMAN II2200
8SK21KK05PRAKTIKUM ALGORITMA DAN PEMROGRAMAN1100
9SK21KK07ELEKTRONIKA ANALOG DAN DIGITAL (RPS, Materi)2200
10SK21KK08ALJABAR LINIER2200
TOTAL22 SKS

Semester 3

No.Kode MKNama MKSKSTeoriPraktikLapangan
1SK31KB05KOMUNIKASI DATA II 2200
2SK31KB06SISTEM OPERASI3300
3SK31KB07INTERFACING & PERIPHERAL (RPS, Materi)3300
4SK31KB08JARINGAN KOMPUTER I2200
5SK31KK01MATEMATIKA DISKRIT2200
6SK31KK02SISTEM KENDALI2200
7SK31KK03SISTEM DIGITAL I (RPS, Materi)2200
8SK31KK04PRAKTIKUM SISTEM DIGITAL (RPS, Materi)1100
9SK31KK09TRANSDUSER & SENSOR (RPS, Materi)2200
TOTAL19 SKS

Semester 4

No.Kode MKNama MKSKSTeoriPraktikLapangan
1SK41KB04JARINGAN KOMPUTER II3300
2SK41KB05PRAKTIKUM JARINGAN KOMPUTER1100
3SK41KB11SISTEM MIKROPROSESOR2200
4SK41KB12PRAKTIKUM MIKROPROSESOR1100
5SK41KK01STRUKTUR DATA3300
6SK41KK02PEMROGRAMAN PERANGKAT BERGERAK2200
7SK41KK03PRAKTIKUM PEMROGRAMAN PERANGKAT BERGERAK1100
8SK41KK06SISTEM DIGITAL II (RPS, Materi)2200
9SK41KK07SISTEM TELEKOMUNIKASI SELULER2200
10SK41KK08PEMROGRAMAN CLIENT-SERVER2200
11SK41KK09PRAKTIKUM PEMROGRAMAN CLIENT-SERVER1100
12SK41PB10METODE PENELITIAN/PENULISAN ILMIAH2200
TOTAL22 SKS

Semester 5

No.Kode MKNama MKSKSTeoriPraktikLapangan
1SK51KB02PEMROGRAMAN WEB2200
2SK51KB03PRAKTIKUM PEMROGRAMAN WEB1100
3SK51KB07MULTIMEDIA DAN DESAIN GRAFIS2200
4SK51KB08PRAKTIKUM MULTIMEDIA DAN DESAIN GRAFIS1100
5SK51KK01KEAMANAN JARINGAN KOMPUTER2200
6SK51KK04ANALISA DAN PEMODELAN SISTEM INFORMASI2200
7SK51KK05PEMROGRAMAN BERORIENTASI OBJEK3300
8SK51KK06PRAKTIKUM PEMROGRAMAN BERORIENTASI OBJEK1100
9SK51KK09SISTEM BASIS DATA2200
10SK51KK10PRAKTIKUM SISTEM BASIS DATA1100
11SK51PB11ETIKA PROFESI2200
TOTAL 19 SKS

Semester 6

No.Kode MKNama MKSKSTeoriPraktikLapangan
1SK61BB06KECAKAPAN ANTAR PERSONAL2200
2SK61KB03ROBOTIKA3300
3SK61KB04PRAKTIKUM ROBOTIKA1100
4SK61KK01REKAYASA PERANGKAT LUNAK2200
5SK62BB08LEADERSHIP DEVELOPMENT3300
6SK62KK02MANAJEMEN PROYEK2200
7SK62KK05SISTEM EMBEDDED TERDISTRIBUSI2200
8SK62KK07KECERDASAN BUATAN2200
TOTAL17 SKS

Semester 7

No.Kode MKNama MKSKSTeoriPraktikLapangan
1SK71BB03INTERAKSI MANUSIA DAN KOMPUTER2200
2SK71KK02SISTEM PAKAR2200
3SK71KK07PEMROSESAN PARALEL3300
4SK71PB01MANAJEMEN DAN KEWIRAUSAHAAN2200
5SK72KK04PEMROGRAMAN JAVA2200
6SK72KK05PRAKTIKUM PEMROGRAMAN JAVA1100
7SK72KK06TELEKOMUNIKASI SATELIT2200
TOTAL14 SKS

Semester 8

No.Kode MKNama MKSKSTeoriPraktikLapangan
1SK81BB02KULIAH KERJA NYATA/TERPADU2002
2SK81KB03SKRIPSI (Panduan Sistematika Penulisan 2019 (Word dan PDF)4004
3SK81PB01KERJA PRAKTEK (KP)2200
TOTAL SKS8

Tabel 5.b. Integrasi Kegiatan Penelitian/PkM dalam Pembelajaran

No.Judul Penelitian/PkMNama DosenMata KuliahBentuk IntegrasiTahun
1Pengaruh Academic stress & smartphone addiction terhadap prestasi belajar siswa SMK Gloria ManadoYuliana Mose1. Analisa & Pemodelan Sistem;
2. Metode Penelitian;
3. Statistika
Studi Kasus2019
2Otomatisasi Sistem Pendeteksi Kebakaran Berbasis SMS GatewayYuliana Mose1. Analisa & Pemodelan Sistem;
2. Metode Penelitian;
3. Statistika
Studi Kasus2019
3https://bircu-journal.com Vol 5, No 1 (Pebruary, 2022): Budapest International Research and Critics Institute February The Analysis of Supply Chain Management System Needs in Sales Transaction Business of PT Digital Satu Media IndonesiaReonaldy A. Berikang1. Pemrograman
Client-Server;
2. Praktikum Pemrograman Client-Server
Diskusi,
Studi Kasus
2022
4https://bircu-journal.com Vol 5, No 1 (Pebruary, 2022): Budapest International Research and Critics Institute February The Analysis of Supply Chain Management System Needs in Sales Transaction Business of PT Digital Satu Media IndonesiaDedi Sorongan1. Pemrograman Java;
2. Praktikum Pemrograman Java
Diskusi,
Studi Kasus
2022
5https://bircu-journal.com Vol 5, No 1 (Pebruary, 2022): Budapest International Research and Critics Institute February The Analysis of Supply Chain Management System Needs in Sales Transaction Business of PT Digital Satu Media IndonesiaYuliana Mose1. Analisa & Pemodelan Sistem;
2. Metode Penelitian
Diskusi,
Studi Kasus
2022
6
http://ijite.jredu.id/
The International Journal of Information Technology and Education (IJITE), Volume 1 Number 2, March 2022. Developing Virtual Web as Learning Media for Web Programming in SMK
Dedi Sorongan1. Basis Data;
2. Rekayasa Perangkat Lunak;
3. Pemrograman Berorientasi Objek;
4. Praktikum PBO
Diskusi,
Studi Kasus
2022
7
http://ijite.jredu.id/
The International Journal of Information Technology and Education (IJITE), Volume 1 Number 2, March 2022. Developing Virtual Web as Learning Media for Web Programming in SMK
Yuliana Mose1. Analisa & Pemodelan Sistem;
2. Metode Penelitian
Diskusi,
Studi Kasus
2022
8
http://ijite.jredu.id/
The International Journal of Information Technology and Education (IJITE), Volume 1 Number 2, March 2022. Developing Virtual Web as Learning Media for Web Programming in SMK
Reonaldy A. Berikang1. Pemrograman Web;
2. Praktikum Perograman Web
Diskusi,
Studi Kasus
2022

Tabel 5.c Kepuasan Mahasiswa

No.Aspek yang DiukurTingkat Kepuasan Mahasiswa
(%)
Rencana Tindak Lanjut oleh UPPS/PS
Sangat BaikBaikCukupKurang
1234567
1Keandalan (reliability): kemampuan dosen, tenaga kependidikan, dan pengelola dalam memberikan pelayanan.32.040.223.04.9meningkatkan kemampuan dosen, tenaga kependidikan, dan pengelola dalam memberikan pelayanan.
2Daya tanggap (responsiveness): kemauan dari dosen, tenaga kependidikan, dan pengelola dalam membantu mahasiswa dan memberikan jasa dengan cepat.37.743.415.63.3meningkatkan kemauan dari dosen, tenaga kependidikan, dan pengelola dalam membantu mahasiswa dan memberikan jasa dengan cepat melalui stimulus insentif
3Kepastian (assurance): kemampuan dosen, tenaga kependidikan, dan pengelola untuk memberi keyakinan kepada mahasiswa bahwa pelayanan yang diberikan telah sesuai dengan ketentuan.41.036.918.04.1sosialisasi SOP & peraturan akademik secara intensif & jelas kepada dosen, tenaga kependidikan dan pengelola
4Empati (empathy): kesediaan/kepedulian dosen, tenaga kependidikan, dan pengelola untuk memberi perhatian kepada mahasiswa.40.238.516.44.9meningkatkan kesediaan/kepedulian dosen, tenaga kependidikan, dan pengelola untuk memberi perhatian kepada mahasiswa
5Tangible: penilaian mahasiswa terhadap kecukupan, aksesibitas, kualitas sarana dan prasarana.32.039.318.99.8mengusulkan penambahan sarana internet & wifi baik daring maupun tatap muka
Jumlah1862029733 

Back to top button